Rabu, Oktober 26, 2011

Mycin

Diposting oleh erk_chubz di 00.48
Mycin adalah awal sistem pakar yang dikembangkan selama lima atau enam tahun pada awal tahun 1970 di Stanford University . Ini ditulis dalam Lisp sebagai disertasi doktor Edward Shortliffe bawah arahan Bruce Buchanan , Stanley N. Cohen dan lain-lain. Ini muncul di laboratorium yang telah menciptakan sebelumnya Dendral sistem pakar, tetapi menekankan penggunaan aturan menghakimi bahwa memiliki unsur-unsur ketidakpastian (dikenal sebagai faktor kepastian) terkait dengan mereka. Sistem pakar ini dirancang untuk mengidentifikasi bakteri yang menyebabkan infeksi berat, seperti bakteremia dan meningitis, dan merekomendasikan antibiotik dengan dosis yang disesuaikan untuk berat badan pasien - nama berasal dari antibiotik itu sendiri, sebagai antibiotik banyak akhiran "Mycin" . Sistem Mycin juga digunakan untuk diagnosis penyakit pembekuan darah.
 Metode
Mycin dioperasikan menggunakan cukup sederhana mesin inferensi , dan basis pengetahuan ~ 600 aturan. Ini akan permintaan dokter menjalankan program melalui serangkaian panjang sederhana ya / tidak atau pertanyaan tekstual. Pada akhirnya, itu memberikan daftar bakteri penyebab yang mungkin peringkat dari tinggi ke rendah berdasarkan probabilitas diagnosis masing-masing, yang percaya diri dalam setiap probabilitas diagnosis ', alasan di balik setiap diagnosa (yaitu, Mycin juga akan daftar pertanyaan dan aturan yang menyebabkan ke peringkat diagnosis cara tertentu), dan tentu saja yang dianjurkan pengobatan obat.
Meskipun sukses Mycin, itu memicu perdebatan tentang penggunaan nya ad hoc , tapi berprinsip, kerangka ketidakpastian yang dikenal sebagai "faktor kepastian". Para pengembang melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa kinerja Mycin itu minimal dipengaruhi oleh gangguan dalam metrik ketidakpastian yang berhubungan dengan aturan individu, menunjukkan bahwa kekuasaan dalam sistem ini lebih terkait dengan representasi pengetahuan dan skema penalaran daripada rincian model ketidakpastian numerik. Beberapa pengamat merasa bahwa seharusnya dimungkinkan untuk menggunakan klasik statistik Bayesian . Mycin pengembang yang berpendapat bahwa ini akan membutuhkan baik asumsi yang tidak realistis dari kemerdekaan probabilistik , atau memerlukan para ahli untuk memberikan perkiraan untuk jumlah unfeasibly besar probabilitas bersyarat.
Penelitian selanjutnya kemudian menunjukkan bahwa model faktor kepastian memang bisa ditafsirkan dalam arti probabilistik, dan menyoroti masalah dengan asumsi tersirat seperti model. Namun struktur modular dari sistem akan terbukti sangat sukses, yang mengarah ke pengembangan model grafis seperti jaringan Bayesian.
Penggunaan Mycin
Mycin tidak pernah benar-benar digunakan dalam praktek. Hal ini bukan karena kelemahan dalam kinerjanya. Seperti disebutkan, dalam tes mengungguli anggota fakultas sekolah kedokteran Stanford. Beberapa pengamat mengangkat isu-isu etika dan hukum yang berkaitan dengan penggunaan komputer dalam kedokteran - jika program memberikan diagnosa yang salah atau merekomendasikan terapi yang salah, siapa yang harus bertanggung jawab? Namun, masalah terbesar, dan alasan yang Mycin tidak digunakan dalam praktek rutin, adalah negara teknologi untuk integrasi sistem, terutama pada waktu itu dikembangkan. Mycin adalah sistem yang berdiri sendiri yang diperlukan pengguna untuk memasukkan semua informasi yang relevan tentang seorang pasien dengan mengetikkan dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang akan menimbulkan Mycin. Program ini berlari pada sistem besar waktu-berbagi, yang tersedia melalui internet awal (ARPANet), sebelum komputer pribadi dikembangkan. Dalam era modern, seperti sistem akan diintegrasikan dengan sistem rekam medis, akan mengekstrak jawaban atas pertanyaan dari database pasien, dan akan jauh lebih sedikit tergantung pada entri dokter informasi. Pada 1970-an, sebuah sesi dengan Mycin mudah bisa mengkonsumsi 30 menit atau lebih-suatu komitmen waktu yang tidak realistis bagi seorang dokter yang sibuk.
Mycin pengaruh terbesar adalah sesuai demonstrasi kekuatan representasi dan pendekatan penalaran. Berdasarkan aturan sistem di banyak non-medis domain dikembangkan dalam tahun-tahun berikutnya pengenalan Mycin dari pendekatan. Pada 1980-an, sistem pakar "kerang" yang diperkenalkan (termasuk yang didasarkan pada Mycin, yang dikenal sebagai E-Mycin (diikuti oleh KEE )) dan mendukung pengembangan sistem pakar dalam berbagai bidang aplikasi.
Kesulitan yang bangkit untuk menonjol selama pengembangan sistem pakar Mycin dan selanjutnya kompleks telah ekstraksi pengetahuan yang diperlukan untuk mesin inferensi menggunakan dari pakar manusia dalam bidang yang relevan ke dalam peraturan dasar (yang disebut pengetahuan teknik ) .


0 komentar:

Posting Komentar

 

erk^chubz~zone Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez