Selasa, November 29, 2011

Pendidikan Masyarakat dan Kebudayaan

Diposting oleh erk_chubz di 22.18
Individu maupun masyarakat sebagai suatu kesatuan individu-indi vidu mempunyai berbagai kebutuhan. untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut masyarakat membangun atau mempunyai pranata sosial. Salah satu diantaranya adalah pranata pendidikan. Pendidikan merupakan pranata sosial yang berfungsi melaksanakan sosialisasi atau enkulturasi.

Terdapat hubungan antara pendidikan dengan masyarakat dan kebudayaannya. Kebudayaan menentukan arah, isi dan proses pendidikan (sosialisasi  atau enkulturasi). Sedangkan  pendidikan memilki fungsi konservasi dan atau fungsi kreasi (perubahan, inovasi) bagi masyarakat dan kebudayaannya.

Berbagai pandangan atau teori antropologi dan sosiologi  yang menggambarkan fungsi atau peranan pendidikan dalam hubungannya dengan masyarakat dan kebudayaannya antara lain:    pandangan Superorganik dan Konseptualis (antropologi); sedangkan teori sosiologis meliputi : teori Struktural Fungsional, Konflik, Interaksi Simbolik, dan teori Labeling.


Contohnya Masyarakat Desa yang Tinggal di Kota

Pada Dasarnya semua orang ingin menjadi orang sukses maupun orang kaya. salah satu nya adalah masyarakat desa yang ingin tinggal di kota dengan harapan bisa menjadi orang yang sukses dan kaya raya atas hasil jerih payah nya bekerja dan tinggal di daerah perkotaan, namun sayang banyak sekali warga desa yang pemikirannya terlalu sempit sehingga mereka di Kota hanya menjadi Buruh seperti Pembantu Rumah Tangga, Sopir bahkan mengemis di jalan-jalan raya. Padahal mereka juga masih bisa melakukan kegiatan pekerjaan di desa tidak usah repot-repot datang ke kota hanya untuk mengadu nasib. terkadang mereka hanya memikirkan kesenangan semata tetapi mereka tidak memikirkan betapa kejam nya hidup dan tinggal di daerah perkotaan yang jauh sekali dengan sanak saudara mereka.

sumber : http://sulipan.wordpress.com/2009/10/02/landasan-sosial-budaya-pendidikan-nasional/

0 komentar:

Posting Komentar

 

erk^chubz~zone Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez