Selasa, November 01, 2011

Pelapisan Sosial (Stratifikasi Sosial)

Diposting oleh erk_chubz di 03.31
Contoh pelapisan Sosial antara Si Miskin Dan Si Kaya

Disuatu rumah sakit ada pasien yang dalam keadaan darurat dan pasien yang luka ringan. Rumah sakit ini mendahulukan pasien yang luka ringan karena pasien ini anak pemilik perusahaan terkenal dan terkemuka sedangkan pasien yang dalam keadaan darurat ini hanya orang dari keluarga tidak mampu.

Contoh diatas adalah diskriminasi yang terbentuk akibat perbedaan kekayaan, dimana yang kaya didahulukan dan yang miskin dibiarkan. Hal ini sering terjadi karena bagaimana pun manusia sudah terbiasa sejak dahulu menilai seseorang berdasarkan kekayaan yang dimilikinya. Seharusnya dlaam bertindak dan berpikir kita harus efisien dan efektif dimana mendahulukan yang harus ditanggani dengan cepat.

Dalam komunitas kehidupan bersosial ada banyak beragam hal yang berbeda beda termasuk tingkatan harga diri manusia atau tingkatan derajat kehidupan manusia itu sendiri. Pelapisan Bearasal dari kata lapis yang artinya bertingkat atau ditumpk tumpuk berkali kali atau golongan dan Sosial yang berarti hubungan antara manusia dengan manusia yang menciptakan komunitas dalam berinteraksi.

Jadi pelapisan sosial adalah penggolongan atau pengelompokkan tiap individu atau orang per orangan dalam kelas kelas tertentu atau tingkatan tingkatan tertentu guna untuk membedakan derajat tiap individu atau orang per orangan, biasanya dibedakan beradasarkan garis keturunan, kekayaan, kekuasaan, pengetahuan,dll..

Pelapisan sosial memiliki tingkatan yaitu dari yang tingkatan tinggi atau golongan tinggi hingga sampai pada tingkatan atau goongan rendah. Hal ini sama seperti sistim kasta di india. Perbedaan tingkat ini terbentuk karena adanya perasaan tidak ingin disamakan antara golongann atas dan bawah

Seperti yang kita ketahui adanya tingkatan atau golongan ini menciptakan perbedaan perlakuan atau perlayanan yang diberikan, tentu saja tingkatan atau golongan yang tinggi memiliki hak kekuasaan yang tinggi juga menyebabkan mereka dapat melakukan hal hal yang mereka sukai atau tidak mereka sukai sesuka hati mereka atau semena mena.

Ditinjau dari sifat pemebentukkan atau sifat dasar dari terbentuknya pelapisan sosial atau golongan tertentu, pelapisan sosial di bedakan menjadi

Pelapisan sosial tertutup

Adalah system atau aturan yang dimana tiap individu atau anggota dari komunitas tersebut tidak dapat atau sulit mengubah atau mengangkat derajat kehidupannya, contohnya kaum miskin harus tetap miskin dan yang kaya atau dihormati harus tetap dihormati seperti brahmana (tinggkat tertinggi dalam kasta india) disini dijelaskan bahwa kedudukan seseorang  atau individu itu sendiri didapat melalui pemberian tuhan atau memang telah menjadi takdirnya. Hal ini berlaku kecuali seseorang atau individu tersebut medapatkan hak hak istimewa seperti mendapatkan gelar dari raja, mendapatkan kekuasan dari raja arau mendapatkan gelar kebangsawaan dari raja dll.

Pelapisan sosial terbuka

Pelapisan ini bersifat dinamis berarti bergerak yang dimaksudkan adalah dimana sesuatu atau pelapisan itu bias berubah mengikuti waktu atau keadaan.

Dalam system atau aturan ini tiap individu atau anggota dari komunitas tersebut  dapat  mengubah atau mengangkat derajat kehidupannya dengan berbagai cara, contohnya sesorang yang memiliki tingkatan kekayaan rendah berkerja keras menambah kekayaan nya dan akhirnya dia menjadi seseorang yang kaya raya disini tingkat derajat orang tersebut telah naik dari miskin menjadi kaya. Bisa juga sebaliknya seperti seseorang yang kaya raya atau dari golongan atas menjadi miskin karena tidak mamu mengolah kekayaannya.

Perbedaan perbedaan antara tingkatan hidup, derajat seseorang, kekayaan, kekuasaan menciptakan kesenjangan sosial menyebabkan diskriminasi yang membeda bedakan antar sesama manusia dalam setiap bidang. Hal ini menyebabkan kehidupan lebih sulit terutama untuk kalangan bawah yang hingga akhirnya terjadi pemberontakkan yang menuntut persamaan hak atau persamaan derajat yang dimiliki.

Persamaan bearasal dari kata dasar sama yang artinya nilai  yang setara, seimbang, dll.

Derajat yang artinya tinggkatan yang dimiliki tiap individu atau manusia.

Jadi yang dimaksud persamaan derajat adalah dimana tiap individu atau orang per orang tersebut mendapatkan perlakuan atau perlayanan yang sama dalam kehidupan sosial. Contohnya dalama pelayanan hukum. Hokum itu buta tidak memandang orang atau individu berdasarkan kekayaan, kekausaan atau apapun artinya tiap orang di mata hokum adalah sama.

Contoh Perbedaan Menurut Kepercayaan

Perusakkan rumah ibadah, perusakkan ini terjadi karena adanya perbedaan perbedaan antara satu dengan lainnya mengakibatkan banyak kerugian dalam banyak hal.

Telah dijelaskan bahwa diindonesia setiap orang atau individu diberikan kebebasan untuk memilih dan memeluk agama masing masing yang dipercayainya. Hal ini jelas tercantum dalam undang undang dasar 1945. Kenapa kasus diatas masih terjadi? Seharusnya setiap manusia menghormati agama hak hak yang dimiliki manusia lainnya.

Seperti yang tertera pada prastasti raja asoka

“Siapa pun yang menghina dan merendahkan agama orang lain sama hal nya dengan menghina dan merendahkan agamanya sendiri”

Seharusnya setiap manusia sadar, bahwa kita harus saling menghormati dan menghargai, siapapun pasti ingin dihormati dan dihargai, namun jika ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain, kita harus menghormati dan menghargai orang lain terlebih dahulu. Dengan saling menghormati dan menghargai maka akan tercipta keharmonisan ketentraman kedamaian dalam kehidupan bersosial bermasyarakat.

Keinginan memiliki persamaan derajat ini melahirkan HAM hak asasi manusia, yang telah diperjuangkan umat manusia atau orang orang yang tertindas dimanapun sejak dahulu.

Diskriminasi ras atau suku atau bangsa tertentu, minsalnya dalam suatu tempat atau negara yang memiliki warga atau penduduk dari ras keturunan, mereka tidak diberikan kesempatan untuk mencoba atau mengembangkan kemampuan atau keahlian yang mereka miliki, karena orang orang takut mereka akan menguntungkan setengah dari darah yang mereka miliki.

Pada kasus diatas sebelum semua berpikir atau mengclaim bahwa mereka yang berasal dari ras keturunan akan menguntungkan bangsa lain seharusnya mereka ingat dan sadar bahwa dimana ras keturunan itu lahir dan dibesarkan, ras keturunan yang lahir dan dibesarkan ditempatnya pasti mereka memiliki rasa cinta pada tanah airnya yang dimana dia lahir dan dibesarkan, bukan melihat mereka keturunan siapa. Jadi seharusnya kita tidak membeda bedakan orang melalui garis keturunan selain itu dengan saling bersatu kita bisa lebih kuat lbh kokoh dan dapat menjaga memajukan mensejahterakan tanah air kita bersama

Di Indonesia landasan moral atau hukum tentang persamaan derajat terdapat pada landasan ideal pancasila, landasan konstisusi UUD 1945 pembukaan dan batang tubuh, ketetapan MPR no IV/MPR/1999 tentang GBHN

Dengan adanya persamaan harkat, derajat, martabat ini setiap orang atau individu harus mengakui dan menghormati akan adanya hak hak, derajat, martabat manusia lainnya. Hal ini terus dipelihara dan dijaga dalam kehidupan bermasyarakat atau bersosial agar tercipta keharmonisan, dengan ini diharapkan terjadi pemerataan sosial dimana tiap orang atau individu diberikan kesempatan untuk menciptakan atau membuat kehidupannya menjadi lebih baik.

1 komentar:

sanderwadlington on Maret 05, 2022 4:52 AM mengatakan...

5 Tips for Playing the Tithonic Wok - Titanium Bridges
For the people of this country, the best guide on how to edge titanium play the titanium wedding bands Tithonic w88 Wok and titanium quartz meaning the most iron titanium important aspects of online poker are.

Posting Komentar

 

erk^chubz~zone Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez